MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Rabu, 15 November 2017

REBO WEKASAN


REBO WEKASAN
 Hasil gambar untuk rajah jimat


Yakni hari Rabo terakhir bulan Shofar.
Pada hari itu ada kejadian penting, yakni mulai sakitnya Rasululloh terus selama 14 hari sampai ajal menjemput.
Sesuai keterangan dibawah ini:

وقال الواقدي
قالوا: بدئ برسول الله صلى الله عليه وسلم يوم الأربعاء لليلتين بقيتا من صفر، وتوفي يوم الاثنين لاثنتي عشرة ليلة من ربيع الأول، وبه جزم محمد بن سعد كاتبه، وزاد: ودفن يوم الأربعاء،

Al Waqidy berkata: Rasululloh mulai sakit pada hari Rabo, dua malam menjelang akhir bulan Shofar (Rabo terakhir/ Rabo Wekasan), dan beliau wafat pada hari Senin pada hari kedua belas malam Rabiul Awwal, dan Muhammad bin Saad telah menetapkan sesuai dengan pendapat Al- Waqidy, dan dia menambahkan: Dan Nabi Muhammad SAW dikuburkan pada hari Rabo.
Fatkhul Baari Syarh Sohih Bukhory Juz 7 Kitabul Maghozy.

HARI REBO WEKASAN ADALAH HARI SIAL?

Maka ketika hari kelahiran Nabi Muhammad dianggap sebagai “Hari turunnya rahmat”, oleh sebagian orang dianggap hari Rabo terakhir bulan Shofar sebagai “hari turunnya musibah”, dan lama kelamaan dengan berjalannya waktu karena "ghuluw" berubah menjadi hari naas yang menakutkan sebagian orang, seakan akan pada hari itu muncul ratusan ribu bala’ dan musibah dan memunculkan aneka amaliyah yang tidak bersumber dari baginda Rasululloh, diantaranya adalah “Sholat Rebo Wekasan”. Bahkan lebih dari itu semua bulan Shofar dianggap bulan nahas, yang tidak baik untuk usaha, pernikahan atau hajatan lainnya, padahal rasululloh menikah dengan S. Khadijah terjadi di bulan Shofar, begitu juga Fathimah menikah dengan S. Ali di bulan Shofar.

قال ابن إسحاق: «في شهر صفر كان زواج السيدة خديجة بنت خويلد رضي الله عنها من النبي محمد صلى الله عليه وسلم عقب خمسة وعشرين يومًا من صفر سنة ستة وعشرين»(سبل الهدى والرشاد (2/165)
قال ابن كثير: «وأما فاطمة رضي الله عنها فتزوجها ابن عمها علي ابن أبي طالب رضي الله عنه في صفر سنة اثنتين، فولدت له الحسن والحسين، ويقال: ومحسن، وولدت له أم كلثوم وزينب» ( السيرة النبوية لابن كثير (4/611)

Memang ada satu hadist yang menyebutkan tentang nahas nya hari Rabo Wekasan. Tapi hadist ini berderajat lemah:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: آخِرُ أَرْبِعَاءَ فِي الشَّهْرِ يَوْمُ نَحْسٍ مُسْتَمِرٍّ. رواه وكيع في الغرر، وابن مردويه في التفسير، والخطيب البغدادي..

“Dari Ibn Abbas ra, Nabi Saw bersabda: “Rabu terakhir dalam sebulan adalah hari terjadinya naas yang terus-menerus.” HR. Waki’ dalam al-Ghurar, Ibn Mardawaih dalam at-Tafsir, dan al-Khathib al-Baghdadi. (dikutip dari Al-Hafidz Jalaluddin al-Suyuthi, al-Jami’ al-Shaghir, juz 1, hal. 4, dan al-Hafizh Ahmad bin al-Shiddiq al-Ghumari, al-Mudawi li-‘Ilal al-Jami’ al-Shaghir wa Syarhai al-Munawi, juz 1, hal. 23).

Hadist ini bertentangan dengan hadist yang sohih riwayat Imam Bukhari dan Muslim:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم: قَالَ لَا عَدْوَى وَلَا صَفَرَ وَلَا هَامَةَ. رواه البخاري ومسلم.

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada penyakit menular (tersebar sendiri tanpa kehendak Allah). Tidak ada kepercayaan datangnya malapetaka di bulan Shafar. Tidak ada kepercayaan bahwa orang mati itu rohnya menjadi burung yang terbang.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

HARI REBO WEKASAN DALAM ARTIKEL- ARTIKEL SYI’AH

Diantara aneka hadist yang mereka sampaikan adalah sebuah hadist dari Ahlul Bait yang menyatakan tentang Rabo Wekasan yang mengandung kesialan ini, tapi jika diteliti hampir semua hadist tersebut berderajat dhoif bahkan maudhu’, diantaranya:

محمد بن علي بن الحسين في ( العلل ) و ( عيون الاخبار ) و ( الخصال ) عن محمد بن عمر بن علي بن عبد الله البصري ، عن محمد بن عبد الله بن جبلة ، عن عبد الله بن أحمد بن عامر الطائي ، عن أبيه ، عن علي بن موسى الرضا ، عن آبائه عن امير المؤمنين ( عليه السلام ) ـ في حديث ـ إن رجلا قام إليه فقال : يا أمير المؤمنين ، أخبرنا عن يوم الاربعاء وتطيرنا منه وثقله ، وأي أربعاء هو ؟ فقال : هو آخر أربعاء في الشهر ، وهو المحاق ، وفيه قتل قابيل هابيل أخاه ، ويوم الاربعاء القي إبراهيم ( عليه السلام ) في النار ، ويوم الاربعاء وضعوه في المنجنيق ، ويوم الاربعاء أغرق الله فرعون ، ويوم الاربعاء جعل الله ( قرية لوط ) (1) عاليها سافلها ، ويوم الاربعاء أرسل الله الريح على قوم عاد ، ويوم الاربعاء أصبحت كالصريم ، ويوم الاربعاء سلط الله على نمرود البقة ، ويوم الاربعاء طلب فرعون موسى ليقتله ، ويوم الاربعاء خر عليهم السقف من فوقهم ، ويوم الاربعاء أمر فرعون بذبح الغلمان ، ويوم الاربعاء خرب بيت المقدس ، ويوم الاربعاء احرق مسجد سليمان بن داود بإصطخر من كورة فارس ، ويوم الاربعاء قتل يحيى بن زكريا ، ويوم الاربعاء أظل قوم فرعون أول العذاب ، ويوم الاربعاء خسف الله بقارون ، ويوم الاربعاء ابتلي أيّوب بذهاب ماله وولده ، ويوم الاربعاء أدخل يوسف السجن ، ويوم الاربعاء قال الله : ( إنا
دمرناهم وقومهم أجمعين ) (2) ويوم الاربعاء أخذتهم الصيحة ، ويوم الاربعاء عقروا الناقة ، ويوم الاربعاء أمطر عليهم حجارة من سجيل ، ويوم الاربعاء شج النبي ( صلى الله عليه وآله ) وكسرت رباعيته ، ويوم الاربعاء أخذت العماليق التابوت

Namun ternyata tidak semua tokoh Syi'ah sependapat, sebagaimana Sayid Muhammad Husain Fadhlulloh yang menyangkal nahas nya hari Rebo Wekasan sebagaimana dalam salah satu khutbahnya tanggal 4- November- 2016. Juga banyak ulama Syi’ah lainnya yang menyangkal tentang sialnya hari Rabo Wekasan dan adanya hari- hari sial lainnya.

SHOLAT RABO WEKASAN DAN ANEKA RITUAL LAINNYA

Di Indonesia banyak anggota masyarakat yang menganggap hari Rebo Wekasan adalah hari turunnya bala' dan menjadi hari yang menakutkan. Untuk menghindari bala', mereka banyak melakukan aneka amaliyah yang jika diteliti tak ada dasarnya bahkan bertentangan dengan aqidah Islamiyyah As- Sohihah.
Bentuk ritual Rebo Wekasan meliputi empat hal; (1) shalat tolak bala’yang disebut sebagai Sholat Rebo Wekasan atau sholat hadiyah; (2) berdoa dengan doa-doa khusus; (3) minum air jimat atau melarungkan jimat- jimat tertentu ke sumur, sungai dsb, dan (4) selamatan, sedekah, silaturrahin, dan berbuat baik kepada sesama.
Asal-usul tradisi ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (w.1151 H) dalam kitab “Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid (biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi). Anjuran serupa juga terdapat pada kitab: ”Al-Jawahir Al-Khams” karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H), Hasyiyah As-Sittin, dan sebagainya.

Tentang Shalat Rabo Wekasan dan Shalat Hadiyah, Hadlrotus Syekh Hasyim Asy’ary, pendiri Nahdlatul Ulama pernah memberikan fatwa dan menjelaskan demikian:

Bismillahirrahmanirrahim,
“Tidak boleh berfatwa mengajak-ajak dan melakukan shalat Rebo Wekasan dan shalat Hadiyah sebagaimana tersebut dalam pertanyaan. Sebab, kedua shalat itu bukan shalat yang disyariatkan dan tidak ada dasarnya di dalam syariat. Dalilnya adalah sama sekali tidak ada disebutkannya amaliyah tersebut dalam kitab-kitab yang mu’tamad (yang boleh dipegangi) seperti kitab Taqrib, al-Minhajul Qowim, Fathul Muin, at-Tahrir, terus keatas seperti kitab- kitab an-Nihayah, al-Muhadzab dan Ihya’ Ulumuddin. Semua kitab itu tidak ada yang menyebutkan tentang kedua shalat tersebut. Dan tentu kita tahu jika Sholat Rabo Wekasan itu ada dasarnya, tentu kitab- kitab tersebut akan menjelaskan tentang fadhilahnya, dan diluar kebiasaan ada suatu ibadah Sunnah sampai terlewatkan dalam- kitab tersebut padahal mereka adalah ulama- ulama yang sangat alim yang paling faham tentang agama dan menjadi panutan masyarakat.……..Dan tidak benar memberi fatwa dengan mengambil hukum dari kitab Mujarrobat atau kitab Nazhatul Majalis sebagaima keterangan dalam Hawasyi Asybah wan Nadhair, Tadzirotul Maudlu’at dan Tanqihul Fatwa dll yang menyatakan: “Dan tidak boleh berfatwa dengan kitab- kitab yang tidak mu’tabarot (legitimated)….dst….dst….dst……..(Ini jawaban dari Al- Faqir Hasyim Asy’ary Jombang).
Berikut naskah lengkap bahasa asli dari beliau:

بسم الله الرحمن الرحيم وبه نستعين على أمور الدنيا والدين وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.
أورا وناع فيتوا أجاء – أجاء لن علاكوني صلاة ربو وكاسان لن صلاة هدية كاع كاسبوت إع سؤال، كرنا صلاة لورو إيكو ماهو دودو صلاة مشروعة في الشرع لن أورا أنا أصلي في الشرع. والدليل على ذلك خلو الكتب المعتمدة عن ذكرها، كيا كتاب تقريب، المنهاج القويم، فتح المعين، التحرير لن سأ فندوكور كيا كتاب النهاية، المهذب لن إحياء علوم الدين. كابيه ماهو أورا أنا كع نوتور صلاة كع كاسبوت.
ومن المعلوم أنه لو كان لها أصل لبادروا إلى ذكرها وذكر فضلها، والعادة تحيل أن يكون مثل هذه السنة وتغيب عن هؤلاء وهم أعلم الدين وقدوة المؤمنين. لن أورا وناع أويه فيتوا أتوا عافيك حكوم ساكا كتاب مجربات لن كتاب نزهة المجالس. كتراعان سكع كتاب حواشى الأشباه والنظائر للإمام الحمدي قال: ولا يجوز الإفتاء من الكتب الغير المعتبرة، لن كتراعان سكع كتاب تذكرة الموضوعات للملا على القاري: لا يجوز نقل الأحاديث النبوية والمسائل الفقهية والتفاسير القرآنية إلا من الكتب المداولة (المشهورة) لعدم الإعتماد على غيرها من ودع الزنادقة والحاد الملاحدة بخلاف الكتب المحفوظة انتهى. لن كتراعان سكع كتاب تنقيح الفتوى الحميدية: ولا يحل الإفتاء من الكتب الغريبة. وقد عرفت أن نقل المجربات الديربية وحاشية الستين لاستحباب هذه الصلاة المذكورة يخالف كتب الفروع الفقهية فلا يصح ولا يجوز الإفتاء بها. لن ماليه حديث كع كاسبات وونتن كتاب حاشية الستين فونيكا حديث موضوع. كتراعان سكع كتاب القسطلاني على البخاري: ويسمى المختلف الموضوع ويحرم روايته مع العلم به مبينا والعمل به مطلقا. انتهى…. …… إلى أن قال: وَلَيْسَ لِأَحَدٍ أَنْ يَسْتَدِلَّ بِمَا صَحَّ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: الصَّلاَةُ خَيْرُ مَوْضُوْعٍ، فَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَكْثِرْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيَسْتَقْلِلْ، فَإِنَّ ذَلِكَ مُخْتَصٌّ بِصَلاَةٍ مَشْرُوْعَةٍ. سكيرا أورا بيصا تتف كسنتاني صلاة هديه كلوان دليل حديث موضوع، مك أورا بيصا تتف كسنتاني صلاة ربو وكاسان كلوان داووهي ستعاهي علماء العارفين، مالاه بيصا حرام، سبب إيكي بيصا تلبس بعبادة فاسدة. والله سبحانه وتعالى أعلم. (هذا جواب الفقير إليه تعالى محمد هاشم أشعري جومباع

Dikumpulkan dari berbagai sumber oleh H. Khaeruddin Khasbullah.
Diantaranya dari: http://jombang.nu.or.id/shalat-rebo-wekasan-dan-hadiyyah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar