MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Rabu, 07 Desember 2011

LUNAR ECLIPSE 10-DECEMBER-2011/ PREDIKSI GERHANA BULAN TOTAL 10-DESEMBER-2011

PREDIKSI GERHANA BULAN TOTAL 10- DESEMBER- 2011

FASE GERHANA

Berdasarkan HISAB,insya Alloh pada hari sabtu tanggal 10- Desember- 2011 akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) yang peristiwanya akan dapat disaksikan diseluruh wilayah Indonesia. Diawali dengan gerhana bulan Penumbra (semu) pada jam 18:39 WIB. disusul gerhana Umbra (inti) pada jam 19:46, kemudian Gerhana Total terjadi pada jam 21:06, Puncaknya terjadi pada jam 21:32 WIB dan berakhir (mulai terlihat cahaya) pada jam 21:57 WIB. Sedangkan gerhana Umbra berakhir jama 23:18 dan gerhana Penumbra berakhir/ gerhana secara keseluruhan berakhir pada jam pada jam 24:30 WIB.

Pada moment awal gerhana Penumbra yang merupakan awal peristiwa gerhana yang terjadi pada jam 18:34 WIB tersebut pada prakteknya sangat sulit dikenali dan tidak mudah dibedakan dengan Bulan Purnama biasa, hanya bila diperhatikan dengan jeli,agak kurang intensitas cahayanya. Mata manusia, baru dapat dengan jelas mengenali terjadinya gerhana pada moment gerhana UMBRA dimana bagian bulan dikawasan Umbra Bumi akan terlihat hitam karena sorot cahaya matahari ke bulan 100% di blok oleh planet bumi.

SHOLAT GERHANA

Disarankan agar Sholat Gerhana Bulan ( Khusuuf Al- Qomar) dilakukan BA'DAL ISYA' atau saat awal terjadi Gerhana UMBRA yakni pada jam 19:46 WIB. Ini akan lebih leluasa dibanding jika kita memulainya dari awal Astromis Gerhana, yakni pada jam 18:34 WIB- dimana saat itu adalah sesaat menjelang waktu Isya', sehingga jika alternatif ini yang dipilih, maka waktu pelaksanaan Jama'ah Isya'nya akan mundur dari WAKTU FADHILAH nya.

Selamat melaksanakan Sholat Gerhana. Moedji Raharto.
(Bpk. Moedji Raharto adalah salah seorang pakar astronomi Boscha)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar