MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Rabu, 19 Oktober 2016

ALIRAN SESAT, BAGAIMANA CARA MENDETEKSINYA SECARA DINI?

BAGAIMANA MENDETEKSI DINI SEBUAH ALIRAN YANG DISINYALIR SESAT?
Oleh: H. Khaeruddin Khasbulloh.



KASUS BRAJAMAUSTI, DIMAS KANJENG  DAN SEMISAL DENGANNYA - BAIK DALAM ISLAM ATAU AGAMA LAINNYA - AKAN SELALU BERULANG DAN BERULANG LAGI.


Baru saja terkuak kasus Padepokan Sesat Gadungan AA’ Brajamusti yang menggegerkan, disusul kasus Dimas Kanjeng dari Probolinggo,yang berhasil menegruk uang dengan jumlah yang fantastis, atau sebelumnya kelompok Gafatar yang menculik beberapa anak muda dalam perekrutannya. Kasus seperti ini sudah sering terjadi baik pada kalangan Islam maupun Non Islam. Kasus Lia Eden, Mosadegh Bogor dan Sri Hartatik Pekalongan yang mengaku nabi, “Sekte Kiamat - People Temple” pendeta Jim Jones dari Amerika yang akhirnya bunuh diri berjamaah, David Brandt Berg, pendiri Children of God, Pdt Sibuea dari Bandung yang juga mengaku sebagai rasul Allah di akhir zaman atau sekte “Aung San Ri Kyo” yang menyebarkan gas sarin yang mematikan dari Jepang membuktikan itu. 

Bagaimana kita atau keluarga kita bisa selamat dari jebakan aliran- aliran sesat yang membahayakan ini dan dapat mendeteksinya sejak dini? Berikut ini daftar pertanyaan yang insya Alloh akan dapat membantu kita agar tidak terlalu mudah terperosok kedalam liang “serigala berbulu domba.”.

Pertanyaan- pertanyaan ini saya susun atas dasar pemahaman dasar Aqidah Islamiyyah Assohihah dan di padukan dengan keadaan nyata dilapangan. Maka pertanyaan – pertanyaan dibawah ini, insya Alloh sedikit banyak akan dapat membantu kita untuk medeteksi secara dini kemungkinan “sesat” atau  tidaknya nya suatu aliran.

Hati- hati bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat atau paling tidak: ada tujuan materialistic.

1- WAHYU.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut mengaku telah mendapatkan wangsit/ wahyu/ Ilham dengan jalan mimpi? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat)
- Karena wahyu telah berhenti, sedang wangsit/mimpi bisa datang dari Iblis seperti yang telah pernah mencoba menggoda Syekh Abdul Qodir Jailany dengan menyatakan telah dihalalkannya segala sesuatu yang haram untuk Syekh karena beliau sudah sampai pada taraf Wali. Syekh Abdul Qodir langsung membentak cahaya berpendar yang membawa wangsit tersebut seraya berkata: "Enyah engkau hai makhluq terlaknat". Maka tiba- tiba cahaya tersebut berubah menjadi gumpalan asap hitam dan berkata: "Mengapa kau tahu bahwa aku ini adalah makhluk terlaknat (Iblis), padahal dengan caraku ini sudah banyak ulama' yang terjebak?". Maka Syekh menjawab: "Dengan perkataanmu bahwa "mulai sekarang telah aku halalkan yang haram- haram, padahal Alloh tak akan pernah memerintahkan sesuatu yang buruk dan keji, sesuai firman Alloh dalam . QS. Al- A’rof 28.

قل إن الله لايأمر بالفحشاء (28)

Ketika di interogasi oleh Nabi Musa, Musa Samiriy, yang berhasil menyesatkan kaum Bani Israel sehingga beralih menyembah sapi betina, berkata: "Aku telah melihat (wangsit Jibril ) yang dia tidak mereka ketahui.... . Lihat QS Tho Ha ayat 96

 قَالَ بَصُرْتُ بِمَا لَمْ يَبْصُرُوا بِهِ فَقَبَضْتُ قَبْضَةً مِّنْ أَثَرِ الرَّسُولِ فَنَبَذْتُهَا وَكَذَٰلِكَ سَوَّلَتْ لِي نَفْسِي (96)

2- MAHAR.

Apakah pemimpin aliranspiritual tersebut meminta bayaran atau mahar tertentu? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat atau hanya memiliki tujuan keuangan semata)
- Karena Alloh telah memperingatkan dalam Al- Qur’an: “Ikuti orang yang tidak meminta upah pada kalian, dan mereka telah mendapatkan petunjuk” . QS. Yasin.21

اتَّبِعُوا مَن لَّا يَسْأَلُكُمْ أَجْرًا وَهُم مُّهْتَدُونَ (21)

Terkecuali beaya untuk operasional dalam rangka kegiatan belajar mengajar tersebut 

3- MERAMAL MASA DEPAN ATAU BISA MENDATANGKAN KEKAYAAN.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut mengaku dapat melihat/ meramal masa depan? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat).

- Karena Alloh dalam Al- Qur’an telah mengingatkan Nabi Muhammad dalam beberapa ayat agar jangan mengatakan: “Aku besok akan melakukan ini” atau "Aku mengetahui yang gaib- gaib". QS. Al- An’am 50:

قُلْ لا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ إِنْ أَتَّبِعُ إِلا مَا يُوحَى إِلَيَّ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَفَلا تَتَفَكَّرُونَ (50)

Katakanlah (wahai Muhammad) "Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Alloh ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan padamu bahwa aku ini Malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan padaku" Katakanlah: "Apakah sama antara orang- orang yang bisa melihat dengan orang- orang yang bita?".Apakah kamu tidak berpikir ?". Lihat pula QS. Hud 31. 

4-KESAKTIAN.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut mengaku memiliki kekuatan supranatural/ kesaktian tertentu? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat)
- Karena Alloh dalam Al- Qur’an telah mengingatkan Nabi agar menyatakan: “Aku ini hanyalah seorang manusia biasa seperti kalian, yang telah mendapatkan wahyu, bahwa sesungguhnya tuhan kalian adalah Tuhan Yang Maha Esa”. QS.Al- Kahfi 110

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُوحَىٰ إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ فَمَن كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا (110).

Adapun tentang Karomah, bahkan para Wali yang benar- benar memperolehnya dari Alloh, akan segera menyembunyikan nya dengan penuh rasa malu melebihi malunya seorang gadis ketika dilamar.


5- HARI KIAMAT.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut mengaku tahu kapan datangnya hari kiamat atau perkara gaib lainnya? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat)
- Karena dalam sebuah hadist sohih, jelas Nabi dan Malaikat Jibril saja, tidak akan tahu kiamat akan tiba. Demikian juga dalam Al- Qur’an dinyatakan bahwa “Tidak ada yang tahu akan datangnya kiamat kecuali hanyalah Dia (Alloh)”. QS. Al- A'rof 187

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ

"Mereka bertanya tentang kapan datangnya hari kiamat. Katakanlah: hanya sanya ilmu tentang akan datangnya hari kiamat itu ada ditangan Tuhanku, tak ada yang tahu kapan waktunya kecuali Dia".

6- BENDA- BENDA KERAMAT.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut mengaku memiliki benda- benda magis/ keramat/ besi aji yang dianggap sebagai sumber kekuatannya dan dikultuskan?

- Karena Nabi pernah membuang Cincin yang dianggap Azimat oleh salah seorang sahabatnya karena dianggap akan melemahkan dan mengotori ke imanan sahabatnya tersebut

Nabi bersabda:

إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ

“Sesungguhnya ruqyah, tamimah (kalung jimat) , dan tiwalah adalah syirik.” (Shahih, HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad. Lihat Shahih Jami’ Ash-Shaghir no. 1632).

Kecuali Ruqyah dengan ayat- ayat Al- Qur'an dan kalimat Thoyyibah, sesuai perkenan dari Nabi saw seraya harus meyakini Sang Maha Penyembuh adalah Alloh. swt.


7- MENGAJARKAN KEKERASAN.

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut TIDAK mengajarkan kesabaran dan saling kasih sayang? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat)
- Karena Alloh telah menyatakan bahwa golongan kanan (golongan yang benar) itu selalu saling berwasiyat tentang kesabaran dan saling menyayangi. QS Al- Balad.17- 18.

Kecuali kekerasan yang harus dilakukan karena untuk melindungi hak, baik hak untuk merdeka bagi suatu bangsa dari penjajahan, atau hak untuk mempertahankan agama harta dan jiwa dan hak azazi yang terzalimi.

قَالُوا وَمَا لَنَا أَلاَّ نُقَاتِلَ في سَبِيلِ اللهِ وَقَدْ أُخْرِجْنَا مِن دِيَارِنَا وَأَبْنَائِنَا 

" Bagaimana kami tidak mau berperang, padahal kita telah diusir dari rumah- rumah kami dan juga anak- anak kami. " Al- Baqoroh 246


8- MENGANGGAP DIRI PALING SUCI

Apakah pemimpin spiritual aliran tersebut menyatakan selain kelompoknya, mereka dianggap belum Islam? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat)
- Karena siapapun yang telah bersyahadat (termasuk dengan melakukan sholat lima waktu dimana ketika duduk Tahiyyat mereka juga membaca syahadat), mereka telah dianggap muslim, diperlakukan sebagai muslim dan berlaku pada mereka segala hak dan kewajiban seorang muslim. QS. An- Nisa’ 94.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا ضَرَبْتُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَتَبَيَّنُوا وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ أَلْقَىٰ إِلَيْكُمُ السَّلَامَ لَسْتَ مُؤْمِنًا

" Wahai orang- orang yang beriman, jika kalian pergi berjihad fi sabilillah, maka hendaklah kalian Tabayyun (mencari bukti yang jelas) dan janganlah kalian berkata bahwa orang yang telah mengucapkan perdamaian (salam) kepada kalian itu mereka belum  beriman (sehingga kalian membunuhnya "

9- MELEGALKAN YANG HARAM

Apakah pemimpin spiritual aliran itu "melegalkan" percampuran laki- laki perempuan dan pergaulan bebas dalam satu majlis dalam keadaan aurat terbuka? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat).
- Karena Alloh telah memperingatkan agar kita jangan mendekatkan diri pada perbuatan zina, sedang pergaulan bebas dalam suatu majlis itu dapat mengarah kepada perbuatan zina. QS.Al- Isro’ 32.

Bahkan Sebagian besar ulama mewajibkan lelaki perempuan berpakaian menutup aurat jika berkumpul dalam suatu majlis.Seorang ulama yang membiarkan laki- laki perempuan berada diasuatu majlis dalam keadaan tidak sempurna menutup aurat, maka keadilan ulama tersebut gugur, bahkan dia tak sah menjadi saksi penganten.

ول ابن فرحون: في الأعراس التي يمتزج فيها الرجال والنساء، لا تقبل شهادة بعضهم لبعض إذا كان فيه ما حرمه الشارع؛ لأن بحضورهن هذه المواضع تسقط عدالتهن.

 
10- MAKANAN GAIB.

Apakah pemimpin spiritual aliran itu menyuguhkan makanan/ minuman tertentu dalam majlisnya? Karena beberapa kelompok aliran tertentu (baik dalam Islam atau diluar Islam) yang telah menggunakan zat Psychedelic- seperti jamur tertentu atau daun tertentu, termasuk diantaranya kaum Nizariyyah/ Al- Hassyaasyiin (طائفة الحشاشين أو الحشاشون أو الحشيشية[1] أو الدعوة الجديدة ) dalam menimbulkan efek khayali- halusinasi (merasakan melihat sorga) bagi penganutnya. (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat).

11. MENCERCA SALAH SATU SAHABAT ATAU ISTRI NABI.

Apakah pemimpin spiritual atau aliran tersebut mencela atau ,mencerca salah satu sahabat Nabi atau salah satu Istri Nabi seperti Abu Bakar, Umar, Utsman atau 'Aisyah? (bila jawabannya “YA”, kemungkinan aliran tersebut sesat).

Itulah ke 11 – point deteksi dini suatu aliran/ guru spiritual, yang belum tentu pasti benar dan tepat, tapi setidak- tidaknya kita bisa lebih waspada, karena sekarang ini banyak “serigala berbulu domba”- berjubah- bersorban- berpeci- bersarung- bertasbih atau berjanggut panjang, namun ilmunya kosong bahkan sesat dan menyesatkan. Naudzu billaahi mindzaalik.

Guru yang baik, disamping berlawanan dengan ke 10 point deteksi diatas, juga dibuktikan:

1- Membaca Al- Qur’an dengan fasih.

2- Mampu membaca Tafsir/ Hadist/ Fikih dari kitab aslinya bukan terjemahan, Kitab terjemahan sekedar pembantu.

Menurut Gus Dur, guru yang dapat dijadikan pegangan harus dibuktikan mampu membaca kitab Fatkhul Wahhab/ Kitab Fikih/ kitab lainnya yang setara dalam bahasa aslinya.

3- Memiliki sanad keguruan yang jelas.

4- Memiliki keteladanan dalam masyarakat.

Bagaimanapun, ini hanya sekedar alat deteksi yang perlu tabayyun untuk kepastiannya.

Wallohu a'lam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar