MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Selasa, 25 Februari 2014

ISTIQOMAH ADALAH LEBIH BERNILAI DARI SERIBU KAROMAH

ISTIQOMAH ADALAH LEBIH BERNILAI DARI SERIBU KAROMAH 
H.Khaeruddin Khasbullah

 

الإستقامة خير من الف كرامة


ISTIQOMAH ITU LEBIH BERNILAI DARI SERIBU KAROMAH”
(Almaghfurlah Mama (kiyai) Sempur, Purwakarta .
(Lihat riwayat hidup beliau di:https://www.facebook.com/permalink.php?id=334009626713647&story_fbid=338019839645959).

Maka, seorang guru ngaji yang ISTIQOMAH, yang mengabdikan ilmunya dengan ikhlas untuk masyarakat, adalah lebih berbekas dimasyarakat dibandingkan dengan kedatangan 1000 orang “hebat dan keramat” yang datang sekali saja memberikan taushiyahnya kepada masyarakat tersebut. 

Bahkan mungkin hanya dalam waktu 2 minggu, sebagian besar anggota masyarakat sudah melupakan isi taushiyah para orang hebat itu. Berbeda dengan hasil pekerjaan Guru Ngaji yang ikhlas dan istiqomah itu yang mampu membentuk masyarakat sekitarnya menjadi orang- orang yang berakhlaq qur'any, bahkan ketika Guru Ngaji itu sudah lama wafat.

Banyak orang awam mengagung- agungkan fenomena ke-ajaiban keajaiban karomah inderawi, seperti kemampuan tak mempan benda tajam, atau dapat berjalan diatas air. Padahal karomah seperti itu bisa saja muncul dari orang- orang fasiq/ kafir. Bahkan seakan Alloh sedang mentertawakan orang- orang yang terlalu ta'ajjub dengan kekeramatan jenis ini, ketika Alloh mentakdirkan negara- negara yang justru terkenal memiliki kekeramatan model ini ternyata dapat dikuasai musuh dengan waktu yang lama. Indonesia dengan debusnya dijajah Belanda 350 tahun. Iraq dengan permadani terbangnya dihancur leburkan berkali- kali, pertama oleh Hulagu Khan dan terakhir oleh Paman Sam. India dengan para fakirnya yang dapat tidur diatas paku ternyata dijajah Inggris lama sekali, bahkan Indonesia lebih dulu merdeka dari pada mereka.
Sejatinya karomah terpenting para Walisongo adalah kemampuannya MEROBAH (khoriqul 'aadah) tatanan masyarakat Hindu- Budha- Animisme kedalam rengkuhan Islam dalam waktu singkat, bukan kemampuan MERUBAH daun jati lembaran uang. Ini adalah sebuah bentuk sejatinya KAROMAH (Karomah Haqiqy) yang timbul dari KE- ISTIQOMAHAN mereka dalam menyebarkan Islam di tanah Jawa.

ثم الحقيقي من الكرامة ان تحصلن لنفس الإستقامة .( الشيخ أحمد الرفاعي). -
Sesungguhnya karomah sejati itu muncul untuk jiwa- jiwa yang istiqomah”.(Syekh Ahmad Rifa'i).

Allah bahkan berfirman dalam Al- Qur'an, bahwa mereka orang- orang yang istiqomah dalam pengabdiannya kepada Allah, sebagaimana Guru Ngaji yang mendedikasikan dirinya secara istiqomah membentuk anak- anak/ masyarakat yang qur'any- mereka akan dicintai para Malaikat baik didunia dan di akherat, sebagaimana firman Nya dalam Surat Fusshilat ayat 30-31:
   
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka ISTIQOMAH (meneguhkan pendirian mereka), maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu". [Fusshilat: 41:30]



Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. [Fusshilat: 41:31]


Kemampuan para wali melakukan hal- hal yang Khoriqul 'Adah, sebagaimana MEROBAH pohon kelapa atau tanah yang dicangkul jadi emas, seperti dipercaya terjadi pada peristiwa Sunan Bonang dan Sunan Kalijogo dengan Ki Ageng Pandanaran adalah keajaiban yang sering dikagumi awam dan karena itu sering “dijual” melaui film atau sinetron, dan itu adalah bentuk karomah Hiisiyyah/ panca inderawi yang bisa muncul karena kasih sayang Allah dan para malaikatnya. Namun menurut Ilmu Hakekat bisa saja keajaiban seperti itu dilakukan oleh para pendosa seperti tukang sulap dan para penyihir dengan sebutan SIHIR. Dalam kitab Hikam Al- Haddad bab Mukasyafah disebutkan:
"Adakalanya perkara-perkara seumpama keramat dan sebagainya itu berlaku juga pada golongan orang yang tertipu dengan cita-cita untuk mencelakakan dirinya dan sebagai suatu 69 Petunjuk Jalan Thariqat pengujian terhadap kamu Mu’minin yang lemah I’tikadnya. Semua itu tidak boleh dikira sebagai keramat yang benar, malah ia merupakan sebagai suatu penghinaan kepada orang orang yang mendakwa keramat itu. Sebab keramat hanya lahir (ada) pada orang-orang ahli istiqamah, yakni orang-orang yang sudah terkenal lurus dalam perjalanannya". Tapi Karomah haqiqy yang sesungguhnya, yaitu ISTIQOMAH adalah sebenar- benarnya Karomah yang tidak bisa dilakukan para pendosa dan harus diupayakan dan dicari oleh para pencari kebenaran sejati.. 

Syaikh ABU MUHAMMAD AL-MURTA’ISY menyatakan:

“Orang yang dapat menguasai dirinya dan menentang hawa nafsunya sendiri adalah lebih hebat dari orang yang sanggup berjalan di atas air, atau bisa terbang di udara”.(Iqodlul himam Fi Syarhil Hikam. hal.175)

Maka karomah model keajaiban pancainderawi seperti ini tidak boleh menjadi tujuan seseorang pencari kebenaran sejati, sebagaimana pernyataan Syekh Abû ‘Alî al-Jurjanî:  Jadilah engkau pemilik istiqomah. Janganlah menjadi pemburu karomah. Sesungguhnya, nafsu kamu lah yang menginginkan karomah. Padahal Allah hanya menyuruhmu untuk istiqomah.”(As- Suhrowardi :Awariful Ma'arif Hamis Ihyau uulumiddin. Mujalld 4 hal.267)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar