MA'HAD ISLAM TERPADU AL- KHAIRIYYAH, SEKOLAH DAN PONDOK PESANTREN.....................DENGAN MOTTO: BERILMU AMALIYAH - BERAMAL ILMIYAH - MENJAGA UKHUWWAH ...........................YAYASAN MIT ALKHAIRIYYAH KARAWANG MENERIMA SEGALA BENTUK DONASI YANG HALAL DAN TIDAK MENGIKAT; MELALUI BANK JABAR . No. Rekening : 0014732411100 atas nama : Pondok Pesantren Al-Khairiyyah Karawang...........................Facebook: khaeruddin khasbullah.....

SEPUTAR AL-KHAIRIYYAH (facebook:: https://www.facebook.com/khaeruddin.khasbullah)

Selasa, 26 Oktober 2010

@ POTENSI PERBEDAAN TANGGAL HARI RAYA HAJI 2010

POTENSI PERBEDAAN HARI RAYA HAJI 1431 H.
Oleh: H.Khaeruddin Khasbullah

Berita- berita tentang keberangkatan jama’ah haji Indonesia mulai menghiasi media- media Indonesia, baik media tulis maupun media tayang. Bahkan sebagian jama’ah kita sudah sampai di Saudi dan mulai menempati pemondokan- pemondokan yang telah dipersiapkan. Disamping itu dimesjid- mesjid mulai banyak tertempel pengumuman- pengumuman tentang pelaksanaan penyembelihan Qurban, dan DKM mulai mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Sholat Iedul Adl- ha di mesjid mereka masing- masing. Namun Hari Raya Haji tahun 2010 ini menyimpan potensi perbedaan tanggal. Apa sebab?

Seperti kita ketahui pada tulisan- tulisan kami terdahulu bahwa masuknya tanggal bulan qomariyah ditandai dengan kemunculan HILAL (new moon), baik kemunculan secara physic terlihat mata maupun kemunculan secara mathematics, diukur tingginya berapa derajat dari titik HORISON barat tatkala TEPAT MATAHARI TERBENAM.

Perlu dicatat:
# Ketinggian HILAL dibawah nol derajat = tidak ada potensi perbedaan.
# Ketinggian HILAL diatas 2 (dua) derajat = potensi perbedaan sangat kecil.
# Ketinggian HILAL + 0 ~ < 2 (derajat) = potensi perbedaan tanggal sangat besar.

Bagaimana dengan ketentuan Hari Raya Haji Tahun ini ( 1431 H)?
Berdasarkan perhitungan mathematics, Konjungsi (Ijtima’) akhir bulan Dzul Qo’dah 1431 akan terjadi pada hari Sabtu Pon, tanggal 6- Nopember- 2010 pada jam 11.52 WIB.
Pada sore harinya bertepatan dengan terbenamnya matahari, menurut perhitungan tinggi hilal sudah 1 derajat 32’. 05”. Posisi irtifa’ seperti inilah yang memiliki potensi perbedaan penentuan awal tanggal karena perbedaan criteria.

Muhammadiyah, pasti akan menetapkan 1- Dzul- Hijah 1431, besoknya, hari Ahad Wage tanggal 7- Nopember- 2010, dan akan menetapkan hari raya Haji nanti pada hari Selasa Pon tanggal 16- Nopember- 2010.

Jama’ah Persis, kemungkinan Insya Allah akan menetapkan 1- Dzul Hijjah 1431, nanti hari Senin Kliwon tanggal 8- Nopember 2010, karena tinggi hilal belum masuk kriteria minimal mereka yakni 2 derajat, berarti hari Ahad nya istikmal bulan Dzul- Qo’dah, sehingga hari raya Haji akan jatuh pada hari Rabo Wage tanggal 17- Nopember- 2010.

Kaum Nahdliyyin walaupun sudah menghitung dengan hasil yang sama, tetap akan menunggu hasil ru’yat sebagai bentuk pengamalan perintah Rasulullah, dimana pada posisi tinggi hilal seperti itu masih dibawah Imkaanur Ru’yat, sehingga insya Allah juga akan menetapkan 1- Dzul Hijjah 1431 pada hari Senin Kliwon tanggal 8- Nopember- 2010, sehingga mereka juga insyaAllah akan berhari raya Haji pada hari Rabo Wage tanggal 17- Nopember- 2010.

Bagaimana dengan kita?
Kita sebaiknya menunggu sidang Itsbat dan keputusan dari pemerintah, karena ini adalah merupakan Qoul yang mu’tamad ‘indal a-immah, dan insyaAllah dengan demikian akan menjauhkan kita dari perpecahan ummat.

Namun demikian, prediksi kami, pemerintah akan menetapkan 1 Dzul Hijjah 1431 H bertepatan tanggal 8- Nopember 2010, karena insya Allah tidak ada seorang pengamatpun yang dapat melihat hilal sore hari Sabtu Pon itu, sehingga 10 Dzul Hijjah 1431 insya Allah akan jatuh/ ditetapkan pada Rabo Wage, 17- Nopember 2010. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar