MAJLIS TAHSINAH PON PES ALKHAIRIYYAH GRIYA PANORAMA INDAH PURWASARI
K A R A W A N G
Disampaikan oleh: H.Khaeruddin Khasbullah
Penting!
1. Seseorang tak akan bisa mencapai derajat TARTIL dan FASOKHAH dalam membaca Alqur’an bila Makhroj dan Sifatul Khuruf setiap huruf yang diucapkannya belum sesuai dengan Luhun Al- Arob/ Bahasa AlQur’an yang sesuai dengan yang dicontohkan baginda Nabi SAW.
2. Dari sejak awal, anak- anak harus diajarkan Huruf Hijaiyah (A-Ba-Ta) dengan Makhroj dan Sifat (dan juga MAD!) yang benar. Pembiaran kesalahan pengucapan dari kecil akan terbawa dan sulit dihilangkan ketika sudah besar nanti. (Kecuali huruf Ro, ini akan berkembang sesuai umur).
3. Guru- guru Qiro'ati atau Iqro' atau methode lainnya untuk jilid awal harus dipilihkan dari guru terpandai dalam soal Makhroj dan Sifatul Khuruf serta pengucapannya. Kesalahan fatal (dan ini banyak sekali terjadi) adalah bila menganggap remeh Pengajaran Pengucapan Huruf Hijaiyah (jilid awal) dengan menyerahkannya kepada guru yang tidak menguasai Makhroj dan Sifatul Khuruf yang benar.
Disampaikan oleh: H.Khaeruddin Khasbullah
I. MAKHORIJUL HURUF
No
|
Makhroj
|
Yaitu huruf- huruf
|
1
|
JAUF/ Rongga Tenggorokan
|
Huruf MAD dan LIIN
|
2
|
A.Bagian terjauh tenggorokan
ﺃﻗﺼﻰ ﺍﻟﺤﻟﻕ
B.Bagian tengah tenggorokan
ﻮﺴﻄ ﺍﻟﺤﻟﻕ
C.Bagian terdekat tenggorokan
ﺃﺪﻨﻰ ﺍﻟﺤﻟﻕ
|
ﻫ - ﺀ
ﻉ - ﺡ
ﻍ - ﺥ
|
Pangkal lidah dan yang bersesuaian dengan langit- langit atas. أقصى اللسان وما يحاذيه من الحنك الأعلى
|
ﻕ
| |
4
|
Pangkal lidah dengan posisi lebih dekat/kedepan dari huruf QOF أقصى اللسان أسفل من القاف
|
ﻚ
|
5
|
Dibawah bagian tengah lidah dan yang bertepatan dengan langit- langit. تحت وسط اللسان وما يحاذيه من الحنك الأعلى
|
ﺝ - ﺶ - ﻱ
|
6
|
Salah satu pinggir lidah (atau keduanya) dan yang bertepatan dengan gusi geraham إحدى حافتي اللسان وما يليها من الأضراس
|
ﺾ
|
7
|
Awal /ujung salah satu pinggir lidah أول إحدى حافتي اللسان
|
ﻞ
|
8
|
Ujung lidah sedikit dibawah /dibelakang huruf LAM.
طرف اللسان تحت اللام قليلا
|
ﻦ
|
9
|
Berdekatan dengan makhrojnya huruf NUN dan masuk pada punggung lidah . يقارب مخرج النون
وادخل في ظهر اللسان
|
ﺮ
|
10
|
Diatas ujung lidah dan pangkal dua gigi seri atas
فوق اللسان وأصول الثنيتين العليتين
|
ﻁ - ﺖ - ﺪ
|
11
|
Ujung lidah dan sedikit diatas gigi seri atas
طرف اللسان وفوق الثنيتين العليتين
|
ﺺ - ﺱ - ﺯ
|
12
|
Ujung lidah dan ujung gigi seri atas.
طرف اللسان وطرف الثنيتين العليتين
|
ﻇ - ﺫ - ﺚ
|
13
|
Bagian dalam bibir bawah dan ujung gigi seri atas.
بطن الشفة وطرف الثنيتين العليتين
|
ﻑ
|
14
|
Diantara dua bibir atas bawah بين الشفتين
|
ﻭ - ﺐ - ﻡ
|
15
|
Rongga hidung. الحيشوم
|
ﺤﺮﻑﺍﻟﻐﻨﺔ
|
Penting!
1. Seseorang tak akan bisa mencapai derajat TARTIL dan FASOKHAH dalam membaca Alqur’an bila Makhroj dan Sifatul Khuruf setiap huruf yang diucapkannya belum sesuai dengan Luhun Al- Arob/ Bahasa AlQur’an yang sesuai dengan yang dicontohkan baginda Nabi SAW.
2. Dari sejak awal, anak- anak harus diajarkan Huruf Hijaiyah (A-Ba-Ta) dengan Makhroj dan Sifat (dan juga MAD!) yang benar. Pembiaran kesalahan pengucapan dari kecil akan terbawa dan sulit dihilangkan ketika sudah besar nanti. (Kecuali huruf Ro, ini akan berkembang sesuai umur).
3. Guru- guru Qiro'ati atau Iqro' atau methode lainnya untuk jilid awal harus dipilihkan dari guru terpandai dalam soal Makhroj dan Sifatul Khuruf serta pengucapannya. Kesalahan fatal (dan ini banyak sekali terjadi) adalah bila menganggap remeh Pengajaran Pengucapan Huruf Hijaiyah (jilid awal) dengan menyerahkannya kepada guru yang tidak menguasai Makhroj dan Sifatul Khuruf yang benar.
من متن
الجزرية: http://www.youtube.com/watch?v=zbKgovVnS_Y
http://www.youtube.com/watch?v=ff05etY8hn4
Terimakasih
BalasHapus